Visi, Misi dan Tujuan

By Tasiran Dwi Yoga 05 Jul 2015, 16:31:30 WIB

VISI, MISI DAN TUJUAN
SMP NEGERI 3 PANGANDARAN

 

VISI SEKOLAH

Terwujudnya Generasi Maju, Ramah Lingkungan, Berkarakter Profil Pelajar Pancasila, Berwawasan Wisata dan Budaya.

Ma Maju
R Ramah
Lin Lingkungan
Ber Berkarakter
Wi Wisata
Ba      Budaya
Wa Wawasan Global

  

Indikator :

  1. Terwujudnya proses belajar mengajar yang berstandar nasional dalam mewujudkan peserta didik yang terampil dalam berpikir kritis, kreatif, berinovasi, berprestasi, memiliki lulusan yang berkompeten dalam bidang akademik dan non akademik sesuai dengan kemajuan teknologi dan budaya.
  2. Terwujudnya lingkungan belajar yang kondusif, aman, nyaman dan menyenangkan.
  3. Terwujudnya peserta didik yang menanamkan nilai-nilai karakter Profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Terwujudnya peserta didik yang berpartisipasi aktif pada kegiatan budaya daerah untuk melestarikan kearifan lokal dan sebagai ajang untuk mengenalkan wisata daerah mendunia.
  5. Terwujudnya peserta didik yang dapat memanfaatkan teknologi serta mengembangkan budaya toleransi dan berkebhinekaan global.

 

MISI SEKOLAH

  1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang berstandar nasional dalam mewujudkan peserta didik yang terampil, kritis, kreatif, inovatif, berprestasi dan memiliki lulusan yang kompeten dalam bidang akademik dan non akademik sesuai dengan kemajuan teknologi dan budaya.
  2. Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik peserta didik melalui program intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
  3. Melakukan pendampingan kepada peserta didik dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik.
  4. Mewujudkan lingkungan belajar yang kondusif, aman, nyaman dan menyenangkan.
  5. Membuat Komitmen Tertulis/ Kebijakan Sekolah Ramah Anak.
  6. Mengikuti Seminar/ Lokakarya/ Workshop/ IHT bagi seluruh warga satuan pendidikan (pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dan orang tua) mengenai Konvensi Hak Anak, Sekolah Ramah Anak dan Inklusif.
  7. Menyediakan sarana dan prasarana untuk melaksanakan proses pembelajaran yang Ramah Anak dan Inklusif.
  8. Memberi kesempatan kepada peserta didik, orang tua/wali/ komite untuk berpartisipasi dalam Sekolah Ramah Anak dan Inklusif.
  9. Melakukan pendampingan kepada peserta didik dalam melaksanakan Sekolah Ramah Anak dan Inklusif.
  10. Mewujudkan pendidikan yang menjamin hak belajar bagi setiap peserta didik.
  11. Mewujudkan peserta didik yang memiliki nilai-nilai karakter Profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  12. Mengikuti Seminar/ Lokakarya/ Workshop/ IHT bagi seluruh warga satuan pendidikan (pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dan orang tua) mengenai Pendidikan Berkarakter.
  13. Mananamkan Karakter Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berahlak Mulia, Mandiri, Bernalar Kritis, Berkebinekaan Global, Bergotong Royong dan Kreatif kepada peserta didik melalui kegiatan P5.
  14. Mengintegrasikan nilai Profil Pelajar Pancasila dalam perencanaan pembelajaran.
  15. Mengintegrasikan nilai Profil Pelajar Pancasila dalam kegiatan pembiasaan dan budaya sekolah.
  16. Mewujudkan peserta didik yang aktif dalam melestarikan budaya daerah dan kearifan lokal sebagai ajang untuk mengenalkan wisata daerah mendunia.
  17. Melestarikan budaya kearifan lokal sebagai promosi wisata dunia.
  18. Memanfaatkan objek wisata daerah sebagai sarana pembelajaran.
  19. Mengenalkan budaya kearifan lokal kepada wisatawan.
  20. Mewujudkan peserta didik yang dapat memanfaatkan teknologi dan mengembangkan budaya toleransi serta berkebhinekaan global.
  21. Mendampingi peserta didik untuk dapat menerima perbedaan suku, ras, budaya dan agama.
  22. Mewujudkan pendidikan menggunakan pendekatan atau model yang beragam.
  23. Mendorong peserta didik memiliki penguasaan IPTEK dan keterampilan abad 21 (kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif) menuju generasi Indonesia emas.

 

TUJUAN SEKOLAH

  1. Terwujudnya proses belajar mengajar yang berstandar nasional dalam mewujudkan peserta didik yang terampil dalam berpikir kritis, kreatif, berinovasi, berprestasi, memiliki lulusan yang berkompeten dalam bidang akademik dan non akademik sesuai dengan kemajuan teknologi dan budaya.
  2. Tercapainya siswa yang berprestasi akademik dan non akademik peserta didik melalui program intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. (Jangka Panjang)
  3. Tercapainya hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan capaian pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran.
  4. Tercapainya budaya literasi membaca dan menulis yang merupakan sebagai suatu kebutuhan.
  5. Tercapainya pengembangan diri dari berbagai bidang seni, olahraga secara optimal.
  6. Terciptanya pengembangan potensi siswa secara optimal.
  7. Tercapainya pemanfaatan waktu belajar, sumber daya fisik dan manusia agar memberikan hasil yang terbaik bagi perkembangan peserta didik.
  8. Terwujudnya lingkungan belajar yang kondusif, aman, nyaman dan menyenangkan.
  9. Terciptanya lingkungan sekolah yang aman, rapi, bersih, nyaman dan asri.
  10. Tercapainya kepedulian sosial dan lingkungan, cinta damai, cinta tanah air dan semangat kebangsaan.
  11. Terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan dan komunikatif.
  12. Terwujudkan peserta didik yang menanamkan nilai-nilai karakter Profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  13. Tercapainya sikap jujur, disiplin, mandiri dan kreatif.
  14. Tercapainya suasana pergaulan sehari-hari berdasarkan keimanan dan ketaqwaan.
  15. Tercapainya nilai Profil Pelajar Pancasila dalam kegiatan pembiasaan dan budaya sekolah.
  16. Terwujudkan peserta didik yang berpartisipasi aktif pada kegiatan budaya daerah untuk melestarikan kearifan lokal sebagai ajang untuk mengenalkan wisata daerah mendunia.
  17. Tercapainya peserta didik yang mampu melestarikan budaya kearifan lokal sebagai promosi wisata dunia.
  18. Tercapainya hasil karya yang berorientasi pada kepentingan budaya daerah dan nasional.
  19. Terwujudkan peserta didik yang dapat memanfaatkan teknologi serta mengembangkan budaya toleransi dan berkebhinekaan global.
  20. Tercapainya sikap menghargai perbedaan dan memberi empati pada orang lain.
  21. Tercapainya pengembangan teknologi iformasi sebagai sarana pembelajaran dan administrasi.
  22. Tercapainya pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan berkualitas berbasis TIK.
  23. Tersedianya sarana dan prasarana yang memenuhi standar pelayanan minimal untuk mendukung pembelajaran aktif kreatif serta berbasis lingkungan, kewirausahaan dan kepariwisataan.